Antisipasi Wabah DBD Di Musim Penghujan, Puskesmas Binjai Kota Lakukan Fogging - Media Radar Sumatera

Breaking

Home Top Ad

Subscribe Youtube Kami

Komunitas Hijau Indonesia

Rabu, 01 Desember 2021

Antisipasi Wabah DBD Di Musim Penghujan, Puskesmas Binjai Kota Lakukan Fogging


RADARSUMATERA.COM/BINJAI

Musim pancaroba sering sekali terjadi penyakit menular seperti Demam Berdarah yang di akibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang di sebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, Puskesmas Binjai Kota, Kota Binjai melakukan penyemprotan melalui Fogging (pengasapan) di beberapa tempat yang disinyalir menjadi sarang nyamuk.


Kepala Puskesmas Kecamatan Binjai Kota, Dr Arlina M.Kes mengatakan, fogging ini dilakukan sebagai upaya preventif mencegah kasus demam berdarah dengue (DBD).

 

"Fogging kali ini dilaksanakan dikelurahan yang rawan banjir seperti kelurahan Setia dan Kelurahan Kartini, Ini dilakukan sebagai upaya untuk memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab DBD," ujarnya, Rabu (1/12/2021).

Dr Arlina juga menghimbau dan meminta  masyarakat juga ikut berpartisipasi mencegah perkembang biakan nyamuk, terutama dengan pola 3M yaitu Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum dan lain-lain, Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; Mengubur kaleng bekas atau tempat yang bisa menampung air hujan yang dijadikan tempat bertelurnya nyamuk aedes aegeypti  Plus cara lain diantaranya menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dikuras dan dibersihkan.


"Di musim penghujan rawan memicu adanya genangan di lingkungan rumah. Ini harus diwaspadai," terangnya.

 

Ia menambahkan, meski di saat pandemi COVID-19, petugas juga terus menggencarkan sosialisasi pencegahan DBD dan ini juga perlu adanya kerja sama dari semua pihak dan masyarakat agar berperan aktif untuk sama sama peduli dengan kebersihan lingkungan.


"Yang paling penting dalam sebuah pencegahan harus timbul dari kesadaran kita masing masing untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan, Mari kita giatkan kebersihan lingkungan agar kita terbebas dari penyakit menular seperti Demam berdarah"tegasnya. (Rs1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman