Yakaan Bersama Koperasi Cagar Jaga Nusantara Kembangkan Usaha Gaharu di Langkat - Media Radar Sumatera

Breaking

Home Top Ad

Subscribe Youtube Kami


Komunitas Hijau Indonesia

Minggu, 29 Mei 2022

Yakaan Bersama Koperasi Cagar Jaga Nusantara Kembangkan Usaha Gaharu di Langkat


 



Langkat.

      Yayasan Karya Anak Allam Nusantara (Yakaan) Sumatera Utara bekerjasama Koperasi Cagar Jaga Nusantara Langkat melakukan penanaman dan pengembangan usaha Gaharu di Kabupaten Langkat.

        Ketua Yakaan Kabupaten Langkat, Mulyono didampingi  Pembina Yakaan Solikhin mengatakan usaha budidaya pohon Gaharu di Kabupaten Langkat dan sekitar Umatara Utara kini terus digalakkan. Salah satunya kelompok tani  di Lingkungan XI Wismorejo Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat  Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara.

       “Kelompok tani ini tertarik menanam pohon Gaharu karena mengetahui pohon Gaharu sangat bernilai jual tinggi serta berkhasiat untuk kesehatan”, sebut Solikhin didampingi Sekretaris Yakaan Sumut Gifari dan Bendahara Supardi kepada wartawan di Stabat, Sabtu (28/5/2022).

         Yakaan sebut Solikhin bersama Koperasi Cagar Jaga Nusantara terus melihat kesinambungan dari pengembangan usaha Gaharu di Langkat, termasuk melakukan pengecekan lahan/ pohon Gaharu yang telah dipakunisasi di lahan kelopok tani gaharu. Serta pengecekan mesin penggilingan atau penyulingan  Gaharu yang berada di pabrik Gaharu Jalan Pinang 2 Kelurahan Perdamaian Stabat Kecamatan Stabat.

        “ Dari pabrik pengolahan Gaharu ini untuk bahan baku Gaharu telah diproduksi menjadi sabun, Bhakhol (dupa), minyak wangi, rebusan herbal. bubuk teh , kopi dan olahan lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan,“sebut Solikhin

          Lebih jauh dikatakannya,  seluruh produksi bahan baku Gaharu tetap melalui prosedur kesehatan dan sampai saat ini terus melakukan proses pengurusan izin Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) ,sehingga diharapkan produksi Gaharu itu  dapat dijamin dalam penggunaan kesehatannya. (Red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman