Sat Lantas Polres Langkat Bersama Pemkab Buka Jalan Alternatif Akibat Jembatan Sei Air Tenang Ambruk. - Media Radar Sumatera

Breaking

Home Top Ad

Subscribe Youtube Kami


Komunitas Hijau Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024

Sat Lantas Polres Langkat Bersama Pemkab Buka Jalan Alternatif Akibat Jembatan Sei Air Tenang Ambruk.


 



Langkat-

Sat Lantas Polres Langkat dan Dinas Perhubungan melalukan rekayasa lalulintas atau jalan alternatif pasca Jembatan Sei Air Tenang yang menghubungkan Kecamatan Padang Tualang dan Batang Serangan ambrol. 


"Setelah kejadian semalam sekitar pukul 15.00 WIB, kita telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Langkat, melakukan rekayasa lalulintas," ujar Kasatlantas Polres Langkat, AKP Maruli Simanjorang, Rabu (12/6/2024).


Lanjut Maruli, ada jalan alternatif yang dapat dilintasi masyarakat. Namun, jalan itu lebih kurang tiga kilometer dari Jembatan Sei Air Tenang.


"Lebih kurang tiga kilometer. Masuknya dari Dusun Tegal Rejo menuju Desa Beteng Rejo," ujar Maruli.


Meski gitu, jalan alternatif tersebut aksesnya terbatas. 


"Karena itu jalan dusun, jadi jenis kendaraan yang bisa melintas roda dua, roda tiga, dan roda empat pribadi. Untuk truk tidak bisa melintas di dusun itu," ucap Maruli. 


Kasatlantas Polres Langkat ini menambahkan, pihaknya dan Dinas Perhubungan sudah pasang rambu-rambu petunjuk arah untuk masyarakat yang mana kala berjalan di malam hari.


"Untuk evakuasi truk, kita sudah bicara dengan Pak Kadishub tadi, nantinya Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan kalau tidak salah PT HKI untuk mengevakuasi truk," ucap Maruli.


Warga yang bertempat tingga di Kecamatan Batang Serangan dan Padang Tualang, kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sempat kaget dan dihebohkan dengan suara dentuman keras, usai Jembatan Sei Air Tenang ambrol pada, Selasa (11/6/2024) sore.


Ambrolnya jembatan yang menghubungkan dua kecamatan dan akses menuju objek Wisata Tangkahan ini, disebabkan karena truk BK 8688 JB yang membawa material galian C dengan tonase besar, tengah melintas.


Diketahui, Jembatan Sei Air Tenang kondisinya sudah memprihatinkan belakangan ini. Namun demikian, tak menyurutkan sopir-sopir truk dengan tonase besar tetap melintas. 


"Pada saat kejadian kami sempat terkejut mendengar dentuman keras. Langsung kami cek, benar satu unit truk terperosok," ujar Sitepu warga sekitar, Rabu (12/6/2024). 


Lanjut Sitepu, jembatan ini sudah lama rusak. Dan semestinya truk dengan tonase besar, sudah tidak bisa melintas di Jembatan Sei Air Tenang.


"Tidak ada korban saat kejadian, sopir truk selamat. Jembatan ini sudah bertahun-tahun rusak, tiga tahun ada," ujar Sitepu. 


"Dari pemerintah tidak ada tanggapan juga kemarin, sudah pernah di demo soal rusaknya jembatan ini. Dan harapan kami, jika nanti diperbaiki atau dibangun ulang, minimal kekuatan jembatan mampu menahan truk dengan tonase besar seperti ini," sambungnya. 


Dikabarkan sebelumya, akses menuju objek wisata Tangkahan yang berada di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, lumpuh total.


Pasalnya Jembatan Sei Air Tenang yang menghubungkan Kecamatan Padang Tualang, dan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, saat ini ambrol. 


Tak hanya lumpuh total, warga yang bertempat tinggal di Kecamatan Batang Serangan, juga terisolasi.


"Ya terisolasi lah. Kami masyarakat Batang Serangan berharapa secepatnya jembatan ini diperbaiki," ujar P Sinaga warga sekitar, Rabu (12/6/2024). 


Lanjut Sinaga, ada ribuan KK yang bermukim di Kecamatan Batang Serangan. Dan masyarakat sangat membutuhkan jembatan ini sebagai akses pertumbuhan ekonomi. 


"Ini jalan utama dan jalan provinsi, urat nadi kami ini," ujar Sinaga.


Perlu diketahui, jembatan yang sudah bertahun-tahun rusak ini, ambrol saat satu unit truk bermuatan material pasir dan batu dari galian C dengan tonase besar tengah melintas.


Kejadian ini pun beredar viral di media sosial. Amatan wartawan di dalam video, truk yang tengah melintas tersebut nyaris masuk ke dalam sungai.


Namun, posisi truk sudah tergantung dengan kondisi muatan material pada bak belakang sudah berserakan. 


Meskipun tak ada korban dalam peristiwa itu, namun kejadian tersebut sempat membuat arus lalu lintas menuju objek wisata Tangkahan lumpuh total. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman