Kerap Diancam Orang Suruhannya, Puluhan Warga Rusak Mobil "Rentenir" - Media Radar Sumatera

Breaking

Home Top Ad

Subscribe Youtube Kami


Komunitas Hijau Indonesia

Jumat, 03 Februari 2023

Kerap Diancam Orang Suruhannya, Puluhan Warga Rusak Mobil "Rentenir"


RADARSUMATERA.COM/BINJAI

Satu unit mobil pajero sport berwarna putih BK 999, diamuk puluhan masyarakat yang berada di Jalan Cut Nyak Dien, Kecamatan Binjai Timur, Jumat (3/2) pukul 20.00 WIB. Mobil tersebut diketahui milik seorang rentenir warga Kecamatan Kuala Kab. Langkat. 


Informasi dihimpun, kemarahan warga bermula ketika istri salah seorang warga Suherman (40), diculik sekelompok pemuda yakni orang suruhan dari sang rentenir. 


Penculikan dan penyanderaan terhadap Vika (37) istri dari Suherman ini dikarenakan yang bersangkutan tidak dapat membayar hutang-utangnya kepada si rentenir. 


Menurut pengakuan warga, Vika sebagai ketua kelompok untuk meminjam uang dari rentenir. " Dia ketua kelompoknya, dan ada 62 orang anggotanya, dan mereka semua meminjam uang kepada silintah darat itu, " ungkap warga dengan nada kesal. 


Dikarenakan cicilan hutang macet, si rentenir selalu mengutus orang suruhan untuk menagih. Namun saat menagih hutang, warga selalu mendapat intimidasi dan ancaman dari orang suruhan yang berjumlah lebih dari 5 orang. 


" Kalau gak sanggup bayar, kami selalu diancam. Sampai-sampai ancaman mereka mau membunuh kami. Tidak hanya itu mereka juga tidak segan-segan menculik anggota keluarga kalau tidak sanggup membayar hutang-utangnya, " kata warga. 


Sebagai ketua kelompok, Vika harus bertanggungjawab. Dikarenakan tidak sanggup membayar akhirnya Vika diculik dan dibawa ke rumah rentenir di Kecamatan Kuala, Kab. Langkat. 


Lalu, Seherman yang mengetahui istrinya diculik oleh orang suruhan rentenir, melaporkan penculikan tesebut ke Polres Binjai. 


Kanit Reskrim Polres Binjai Iptu Hotdiatur Purba, ketika dikonfirmasi mengaku sudah menerima laporan dari korban. Pihaknya juga sudah melakukan cek TKP penculikan di kediaman Suherman. 


" Kita sedang melakukan penyelidikan atas laporan korban. Yang mana saksi-saksi juga sudah dimintai keterangan, " kata Hotdiatur. 


Sementara itu, pihak rentenir mengetahui kalau Suherman sudah membuat laporan ke Polres Binjai. Mereka menyuruh Vika untuk menelpon suaminya Suherman, agar menjenguknya ke rumah si rentenir. 


Sesampainya disana, kedua bela pihak bersepakat untuk berdamai. Didampingi orang suruhan rentenir Suherman bersama istrinya Vika kembali ke rumahnya di Jalan Cut Nyak Dien. 


Namun kedatangan mereka bersama anggota rentenir diketahui warga. Warga yang sudah geram atas perlakuan rentenir langsung berkerumun di kediaman Suherman. Kemarahan warga pun di lampiaskan dengan melakukan pengerusukan kendaraan orang suruhan rentenir. 


Melihat ratusan warga mengamuk, anggota rentenir yang berjumlah lebih dari 5 orang itupun akhirnya diamankan ke rumah Kepling setempat. " Tiba-tiba aja warga mengamuk, mereka langsung berteriak-teriak tangkap rentenir, " kata warga. 


Setelah berita ini dikirimkan ke redaksi, ratusan warga masih berkumpul di rumah Suherman. Sedangkan anggota rentenir dan kendaraan yang dirusak sudah diamankan di Polres Binjai. Juga tampak personil dari Polsek Binjai Timur melakukan pengamanan di lokasi kejadian. (Rs3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman